Tips Cara Bermain Gitar Bass Dengan Mudah Dan Lancar


Bermain gitar bass memang tidak semudah yang anda kira, namun jika anda terus berlatih pastinya anda bisa dengan mudah dan lancar memainkan gitar bass. Anda harus mengetahui gitar bass itu apa dan bagaimana cara memainkannya. Gitar bass yaitu sebenarnya sama dengan gitar biasanya namun memiliki jumlah senar dan kunci yang berbeda dan juga menentukan tempo bermain musik.

Jika anda ingin mengetahui lebih jelas mengenai gitar bass dan cara bermain gitar bass dengan mudah dan lancar, sebaiknya anda simak baik-baik penjelasan berikut ini. Berikut penjelasannya.

Cara Bermain Gitar Bass

  1. Cara bermain gitar bass yang pertama yaitu anda harus mempersiapkan gitar bass terlebih dahulu agar anda bisa langsung memainkan gitar dengan mudah dan lancar.
  2. Jika anda sudah mempersiapkan gitar bass, anda harus mengenali bagian pada gitar bass terlebih dahulu agar bisa memainkan gitar bass dengan mudah dan lancar. Bagian pada gitar bass terdiri dari 4 senar yaitu senar E, senar A, senar D, dan senar G.
  3. Teknik memaikan bass hampir sama dengan gitar yaitu dipetik. Namun juga ada teknik memainkan bass yang lain seperti slapping atau memukul, membetot atau menstrumming teknik ini dilakukan seorang yang sudah profesional.
  4. Cara bermain gitar bass secara dasar yaitu harus memperhatikan instrumen. Pertama gitar bass memiliki 4 senar yag terdiri dari senar G=3, senar D=4, senar A= 5, dan senar E=6. Sebaiknya bermain bass dilakukan secara elektronik agar menghasilkan suara yang lebih kuat dan baik.
  5. Teknik utama yang perlu diketahui yaitu seperti teknik alternate picking, up down thub, slapping, popping, tapping, dan neck bending.
  6. Perhatikan posisi tangan, gunakan pergelangan tangan sebagai kekuatan untuk memetik senar.
  7. Mulai mainkan dengan lagu dan nada yang sederhana terlebih dahulu.

Penjelasan di atas mengenai cara bermain gitar bass sudah dijelaskan, semoga dapat bermanfaat bagi semuanya yang ingin belajar bermain gitar bass dengan benar dan sempurna.
Baca juga : Cara Bermain Gitar Hitungan Hari Langsung Mahir

Namun jika anda ingin lebih mahir bermain gitar bass, sebaiknya anda harus tekun berlatih dan belajar agar lebih lancar dan mudah memainkan gitar bass.