Cara Bermain Catur Paling Gampang, Serkali Coba Dijamin Mahir


Apakah anda ingin bermain catur namun anda bingung dalam memainkannya? Jika anda ingin bermain catur namun anda tidak bisa memainkannya, maka simak penjelasan cara bermain catur berikut ini. Tetapi anda harus lebih yakin dan niat dalam belajar agar anda bisa bermain catur dengan benar dan mudah. Berikut cara bermain catur dengan mudah dan benar:

cara bermain catur
  1. Cara bermain catur yang pertama yaitu anda harus mengerti bagian alat dan perlengkapan untuk bermain catur. Bagian dari alat dan perlengkapan bermain catur yaitu papan catur, bahan yang dipakai papan dan buah catur, dan buah catur sendiri.
  2. Cara yang kedua bermain catur yaitu anda harus mengetahui bagian dari buah catur seperti pion, benteng, menteri, raja, ratu, dan kuda. Dengan anda mengetahui bagian dari buah catur yang digunakan dalam permainan, anda akan lebih mudah bermain catur.
  3. Cara yang ketiga anda harus tahu dari tugas dan fungsi masing-masing buah catur sehingga anda dapat dengan mudah memainkan catur. Fungsi dan tugas masing-masing dari buah catur yaitu Pion dapat digunakan untuk melangkah ke depan  satu atau dua kotak namun hanya boleh maju satu langkah dan menyerang lawan dengan posisi diagonal, Benteng yaitu terletak di pinggir belakang pion yang bergerak horisontal atau vertikal dan dapat menyerang lawan apa saja,

    Baca juga : Cara Bermain Catur Seperti Profesional

    Kuda yaitu dapat berjalan dengan bentuk L dengan arah vertikal maupun horisontal dan menyerang yang lain, Menteri terletak di sebelah kuda dan berjalan secara diagonal tanpa batas, Ratu merupakan penguasa dan dapat berjalan kemana saja, dan Raja merupakan penentu dalam permainan catur sehingga harus dilindungi agar tidak terjadi skakmat dan berjalan ke segala arah.
  4. Jika anda sudah tahu dan paham mengenai bagian dari buah catur dengan fungsi dan tugas masing-masing anda dapat bermain catur dengan lawan atau teman anda. Bermainlah dengan konsentrasi tinggi dan penuh dengan strategi dan jangan lupa bermainlah dengan jujur dan adil atau fairplay. Karena dengan bermain fairplay permainan akan lebih memuaskan dan mengasyikkan.
  5. Carilah lawan yang sepadan dengan kemampuan anda dalam bermain catur, agar anda bisa berpeluang menang dan tahu taktik atau strategi yang digunakan lawan. Atau anda mencari lawan yang sudah profesional dan mahir dalam bermain catur agar kemampuan anda dalam bermain catur dapat ditambah dan lebih tinggi lagi.


Demikian penjelasan cara bermain catur dengan mudah dan lancar yang sudah dijelaskan secara rinci di atas. Semoga dapat bermanfaat bagi anda yang ingin bermain catur atau anda yang baru bermain catur.