Cara Bermain Catur Layaknya Pemain Profesional


Permainan catur adalah permainan yang asyik dan bisa mengasah kemampuan otak kita, karena bermain catur membutuhkan strategi yang tepat dan matang untuk bisa mengalahkan lawan. Kata catur diambil dari singkatan caturangga yang berarti empat sudut. Karena sebelum menjadi permainan dua orang seperti sekarang, catur dimainkan oleh empat orang di empat sudut yang berbeda pada masa india kuno.

Bagi yang belum pernah bermain catur, mungkin akan bingung tentang cara bermain catur ini, karena setiap bidak catur memiliki cara melangkah sendiri sehingga tidak bisa sembarangan memainkannya. Nah kali ini saya akan memberikan karakteristik serta cara bermain catur yang mudah dan benar.

Catur dimainkan di atas papan berpetak 8 x 8, yang terdiri dari 8 lajur dan 8 deret berwarna hitam dan putih. Masing – masing pemain memiliki 16 bidak yang terdiri dari 8 pion, 2 benteng, 2 kuda, 2 gajah, 1 menteri, dan satu raja.

cara bermain catur profesional

Permainan dimainkan dengan satu kali melangkah secara bergantian. Setiap bidak memiliki ketentuan langkah yang berbeda, diantaranya sebagai berikut:
  • Pion dapat bergerak satu atau dua petak pada awal langkahnya, tapi selanjutnya hanya dapat bergerak satu petak ke depan dan tidak bisa mundur. Pion hanya bisa memakan lawannya secara diagonal, dan jika telah berada di paling ujung petak lawan pion dapat promosi menjadi bidak lainnya seperti benteng, kuda, gajah, atau menteri.
  • Benteng dapat bergerak bebas secara horizontal dan vertikal, dan tidak bisa melompati bidak lainnya.
  • Kuda bergerak seperti huruf l, yaitu bergerak memanjang 2 petak dan melebar 1 petak. Dan hanya kuda yang bisa melompati bidak yang lainnya.
  • Gajah hanya dapat bergerak bebas secara diagonal
  • Menteri dapat bergerak bebas kemana saja, baik secara horizontal, vertikal, dan diagonal
  • Raja dapat bergerak bebas kemana saja seperti menteri, tapi hanya boleh bergerak 1 petak saja

Kondisi dan Langkah Bermain Catur

Ada beberapa kondisi dan langkah khusus yang biasa dijumpai pada permainan catur, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. En Passant, yaitu langkah khusus pada pion dimana ketika pion bergerak dua langkah waktu awal maju, kemudian ada pion lawan yang ada pada deret petak yang sama, maka pion lawan dapat memakan pion anda dan mendarat pada kotak diagonal yang seharusnya.
  2. Rokade, yaitu langkah khusus dimana raja dan benteng dapat saling bertukar posisi. Ada persyaratan khusus dalam melakukan rokade, yaitu:

    Raja dan benteng belum pernah digerakkan sebelumnya.
    Diantara raja dan benteng tidak ada bidak lain.
    Posisi raja tidak dalam posisi skak, atau petak yang dilalui raja bebas dari serangan lawan.
  3. Skak, yaitu keadaan dimana raja sedang dalam posisi terancam oleh bidak lawan. Ini masih dapat dihindari dengan berpindah ke petak yang aman dari serangan, atau memakan bidak tersebut.
  4. Skakmat, yaitu keadaan dimana posisi raja sudah benar – benar terkunci oleh bidak lawan, dan jika bergerak kemanapun maka bisa langsung dimakan oleh pihak lawan. Kondisi inilah yang menjadi tujuan akhir dari permainan catur ini.

Cara Bermain Catur Kelas Profesional

Walaupun tujuannya sudah jelas, namun terkadang ada keadaan dimana kita bisa remis, atau berakhir seri. Yaitu disaat raja anda tidak dalam keadaan skak, namun disisi lain tidak ada petak yang aman untuk berpindah, atau juga jika tela terjadi persetujuan pada para pemainnya.

Itu tadi langkah – langkah dari cara bermain catur yang biasa dimainkan. Lakukan dengan tenang dan bersikaplah seperti orang yang profesional dalam bercatur, karena itu juga bisa membuat lawan anda menjadi minder. Semoga sukses.